Home / Asuransi / Tips Memilih Asuransi Mobil

Tips Memilih Asuransi Mobil

Sudahkah Anda membeli asuransi mobil? Jika belum sebaiknya pertimbangkan untuk membelinya. Mengapa? Karena dengan membeli asuransi mobil berarti Anda telah mengendalikan kerugian finansial saat resiko seperti tabrakan, tergelincir, terbalik, dll terjadi pada mobil Anda. Untuk ini, saat Anda membeli asuransi mobil, perhatikan tips berikut:

Perhatikan reputasi perusahaan

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memperhatikan reputasi perusahaan yang menawarkan asuransi mobil tersebut. Reputasi perusahaan bisa Anda lihat dari sejak kapan perusahaan tersebut berdiri, optimal atau tidaknya pelayanan yang diberikan kepada setiap kliennya, banyak tidaknya klien yang komplain pada perusahaan tersebut, dll.

Perhatikan hal yang dijamin dan tidak dijamin dalam polis asuransi

Anda juga harus memperhatikan hal yang dijamin dan tidak dijamin dalam polis asuransi mobil tersebut. Misalnya, perusahaan asuransi hanya menjamin kerusakan di atas 75% dari nilai pertanggungan (dalam TLO) dan perusahaan tidak akan memberikan ganti rugi jika kerusakan mobil terjadi akibat bencana alam.

Perhatikan bengkel rekanan

Hal yang harus Anda perhatikan adalah cari tahu letak bengkel rekanan dan kualitas dari bengkel tersebut. Pertimbangkan jika letak bengkel terlalu jauh. Selain itu, kualitas bengkel dalam artian bengkel tersebut memberikan perawatan terbaik terhadap mobil Anda (dari segi pegawai dan spare part).

Pertimbangkan layanan tambahan

Pastikan bengkel tersebut memiliki layanan tambahan yang akan menguntungkan Anda. Layanan tersebut misalnya layanan derek, ambulan, customer service 24 jam, ongkos transportasi, perbaikan bengkel, new for old, dan lain sebagainya.

Pertimbangkan premi yang ditawarkan

Sebaiknya, pertimbangkan premi yang ditawarkan oleh setiap perusahaan. Bila perlu, Anda bandingkan premi-premi tersebut. Dengan catatan, tarif premi masih masuk akal (wajar). Artinya, jangan terlalu yakin dengan perusahaan asuransi yang menawarkan premi di bawah standar. Bisa jadi perusahaan tersebut abal-abal.

Pertimbangkan referensi dari keluarga dan teman terdekat

Anda juga harus pertimbangkan referensi dari keluarga atau tempat dekat Anda yang sudah membeli asuransi mobil pada perusahaan tertentu. Cara ini tentunya lebih efektif karena mereka lebih tahu terhadap perusahaan tersebut dan agar Anda tidak mengalami penyesalan pada akhirnya.

About Caroline

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top