Home / FAQ

FAQ

Apakah pengertian asuransi mobil?

Asuransi mobil adalah perjanjian yang berisi kesediaan perusahaan asuransi untuk memberikan perlindungan finansial atau ganti rugi kepada pemegang polis atau pihak tertanggung karena mengalami hal-hal yang tidak diinginkan.

Misalnya, pihak asuransi mengganti kerugian pemegang polis yang baru saja mengalami kerusakan mobil akibat kecelakaan, akibat huru hara, atau akibat bencana alam, dengan catatan penggantian tersebut diberikan setelah pemegang polis membayar sejumlah premi yang telah ditetapkan oleh perusahaan asuransi.

Apa saja manfaat asuransi mobil?

Manfaat asuransi mobil antara lain dapat membantu melakukan rencana keuangan dengan tepat, memberikan penggantian biaya kerusakan akibat kecelakaan, huru hara, sabotase, atau bencana alam, memberikan penggantian mobil baru, dapat memberikan perlindungan biaya terhadap supir & penumpang mobil yang diasuransikan, dll.

Sebutkan perusahaan penyedia asuransi mobil?

Beberapa perusahaan penyedia asuransi mobil yakni Asuransi Sinar Mas, Asuransi Astra Buana, Asuransi Central Asia, AXA Insurance Indonesia, Asuransi Adira Dinamika, dan Asuransi Allianz. Informasi lebih lanjut mengenai perusahaan ini, Anda bisa mengunjungi di halaman perusahaan asuransi.

Apa saja perlindungan yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi mobil?

Untuk perlindungan asuransi mobil, biasanya perusahaan menawarkan 3 jenis perlindungan yakni Comprehensive (All Risk), Total Lost Only (TLO), dan perlindungan perluasan.

Apa pengertian Comprehensive (All Risk), Total Lost Only (TLO), dan perlindungan perluasan?

Comprehensive (All Risk) adalah perlindungan atau jaminan yang diberikan perusahaan asuransi atas kehilangan atau kerusakan mobil sebagian atau secara keseluruhan akibat kejatuhan benda, kebakaran, perbuatan jahat, pencurian, perampasan, tabrakan, benturan atau kecelakaan lalu lintas lainnya.

Total Lost Only (TLO) adalah perlindungan atau jaminan yang diberikan oleh perusahaan asuransi jika mobil yang diasuransikan mengalami kerusakan total akibat kejatuhan benda, kebakaran, perbuatan jahat, pencurian, perampasan, tabrakan, benturan atau kecelakaan lalu lintas lainnya Perlindungan perluasan adalah perlindungan tambahan yang diberikan oleh perusahaan asuransi.

Untuk menambahkan perlindungan ini, biasanya perusahaan asuransi akan menambahkan sejumlah premi sesuai dengan ketentuan. Adapun beberapa contoh perlindungan perluasan yakni jaminan hukum pihak ketiga, kerusakan akibat bencana alam, biaya pengobatan supir dan penumpang mobil, dll.

Mana yang lebih baik, All Risk atau TLO?

All Risk adalah perlindungan atau ganti rugi akibat kerusakan keseluruhan atau sebagian dari mobil yang diasuransikan. Sedangkan TLO adalah perlindungan atau ganti rugi yang hanya diberikan jika mobil yang diasuransikan mengalami kerusakan total atau di atas 75%.

Jadi, idealnya lebih baik memilih jenis perlindungan All Risk ketimbang TLO. Mengapa? Alasannya karena meskipun premi All Risk lebih mahal tapi perlindungan ke depannya lebih menjanjikan, dimana perusahaan asuransi akan mengganti biaya kerusakan mobil yang mengalami kerusakan keseluruhan atau sebagian.

Sedangkan TLO, meski premi lebih murah namun jika mobil yang diasuransikan mengalami kerusakan di bawah 75% itu bukan tanggungan perusahaan asuransi,akan tetapi, menjadi tanggung jawab pemegang polis itu sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top