Home / Perlindungan yang Didapat saat Membeli Asuransi Mobil

Perlindungan yang Didapat saat Membeli Asuransi Mobil

Berapa dana yang anda butuhkan saat mobil anda tiba-tiba mengalami kecelakaan atau kerusakan? Sepertinya 2 juta itu jumlah yang terlalu sedikit. Bagaimana jika mobil anda sering mengalami kerusakan? Maukah anda mengeluarkan uang terus-menerus? Tentu saja tidak, bukan?>

Itu belum seberapa. Bagaimana jika mobil baru anda dicuri? Maukah harta anda tersebut hilang sia-sia? Tentu saja tidak, karena mungkin untuk mendapatkanya anda harus menabung dalam waktu yang lama.

Asuransi mobil adalah perjanjian yang dibuat antara klien atau pengasuransi dengan pihak perusahaan asuransi, Dimana pihak asuransi berjanji akan menanggung resiko yang mungkin terjadi pada mobil pengasuransi.

Dengan kata lain, saat mobil anda mengalami resiko, anda tak perlu keluar uang. Pihak asuransi yang akan menanggung. Lalu, resiko apa saja yang dijamin oleh pihak asuransi? Atau perlindungan apa yang ditawarkan?

 

Comprehensive

Perlindungan ini juga sering disebut dengan perlindungan all-risk atau gabungan. Perlidungan jenis ini menjamin biaya ganti rugi atas kerusakan sebagian maupun keseluruhan pada mobil karena kejatuhan benda, kebakaran, tabrakan / kecelakaan lalu lintas, pencurian, dan benturan.

Karena kerusakan kecil / sebagian yang terjadi pada mobil pun dijamin (tidak hanya kerusakan parah), pengasuransi yang ingin mendapatkan perlindungan ini biasanya perlu membayar lebih mahal. Mengenai umur mobil, biasanya yang bisa diasuransikan dengan manfaat ini adalah mobil yang berusia maksimal 10 tahun, bahkan ada yang 5 tahun.

 

Total Loss Only (TLO)

Kebalikan dari all risk, perlindungan jenis ini menjamin biaya ganti rugi akibat pencurian atau kerusakan total (minimal 75%) yang diakibatkan karena kejatuhan benda, kebakaran, tabrakan, kecelakaan lalu lintas, pencurian, atau benturan. Dengan kata lain, pengasuransi baru akan mendapatkan uang pengganti saat mobilnya tidak bisa digunakan lagi (rusak total).

 

Perlindungan Perluasan

Mungkin anda kemudian bertanya, bagaimana jika mobil mengalami kerusakan akibat banjir, tsunami, angin topan, dan letusan gunung berapi? Ternyata, kerusakan akibat bencana tersebut tidak masuk dalam perlindungan all-risk maupun TLO, melainkan termasuk dalam perlindungan perluasan.

Untuk ini, pada umumnya perusahaan asuransi mobil mensyaratkan tambahan premi untuk mendapatkan perlindungan perluasan. Apa saja yang bisa termasuk dalam perlindungan perluasan?

  • Banjir
  • Angin topan
  • Tsunami
  • Letusan gunung berapi
  • Ganti rugi pihak ketiga
  • Kecelakaan diri (pengemudi dan penumpang) yang mengalami cacat tetap atau kematian.
  • Pengobatan (medis)
  • Kerusuhan atau huru-hara

3 comments

  1. aslmkm, mau tanya, mbl saya avanza br ambil 6 bulan yang lalu, dibawa omnya istri alasan mau disewa daripada byk ngangur dirmh, dia bilang mau makai 1 bln, tp sampai 6 bln belum kembali, malah dicari dikontrakanya jg ilang, pertanyaan saya, apakah asuransi bisa mengganti? Mbl saya ikut all risk.

  2. Hrg. mobil tertanggung 500 jt ada kejadian total lost dgn perjanjian all risk berapa diganti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top